Benjolan di Payudara

By | May 4, 2016

Benjolan di Payudara Mungkin Kista Payudara Bukan Kanker

Benjolan di Payudara Mungkin Kista Payudara Bukan KankerAnda mempunyai benjolan di payudara yang abnormal dan khawatir dengan adanya benjolan di payudara tersebut. Berikut ini informasi mengenai benjolan di payudara mungkin bisa menambah informasi mengenai masalah benjolan di payudara ini.

Memang benar semestinya harus sedini mungkin waspada jika menemukan benjolan di payudara yang abnormal ( tidak normal ) yang bukan semestinya. Pasti mengira di dalam benak anda curiga mungkin terkena kanker payudara. Kecurigaan tersebut sangat bagus agar anda secepatnya bisa mengetahui benjolan di payudara ini seperti apa dan berbahayakah benjolan di payudara tersebut serta bisa lebih mencegah sedini mungkin agar terhindar dari penyakit kanker payudara.

Benjolan di payudara bisa dibedakan memiliki dua jenis yaitu benjolan kanker dan benjolan non kanker, berikut perbedaan diantara keduanya :

Benjolan di payudara adalah Kanker payudara

Jika benjolan di payudara secara fisik ditandai dengan :

  1. Benjolan terasa keras
  2. Jika diraba terasa keras dan tidak bisa digeser-geser
  3. Benjolan ini tidak diskrit atau tidak mudah dibedakan
  4. Benjolan tetap di payudara atau tidak bergerak
  5. Hanya ada satu benjolan
  6. Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
  7. Kulit payudara berlesung pipit
  8. Benjolan disertai dengan keluarnya cairan dari puting payudara

Jika bejolan di payudara memiliki ciri-ciri seperti itu dapat dipastikan itu adalah kanker payudara. Pengertian dari kanker payudara yaitu tumbuhnya atau berubahnya sel- di dalam payudara menjadi sel kanker karena adanya berbagai faktor, sel kanker tersebut sifatnya merusak sel serta jaringan di payudara dan terus merusak dalam jangka panjang, akibat yang ditimbulkannya yaitu munculnya benjolan di payudara yang dalam jangka panjang akan terus tumbuh dan membesar.

Menurut organisai kesehatan dunia WHO menyatakan : Kanker merupakan penyebab 7,6 juta kematian di dunia pada 2008. Ini diperkirakan menjadi penyebab 13,1 juta kematian pada 2030 jika tak dilakukan upaya pengendalian yang sesuai atau tepat. Bisa dibayangkan setiap tahunnya terus meningkatkan, untuk itu sangat perlu sekali mencegahnya agar terhindar dari kanker payudara.

Benjolan di Payudara Mungkin Kista Payudara Bukan Kanker

Selain benjolan kanker payudara ternyata juga ada benjolan yang merupakan non kanker atau bukan kanker payudara, berikut ulasannya.

Benjolan di payudara adalah non kanker payudara

Jika benjolan di payudara secara fisik ditandai dengan :

  1. Benjolan terasa lunak dan seperti bulatan yang berisi cairan
  2. Jika diraba terasa lunak dan dapat bergeser-geser jika di tekan-tekan
  3. Benjolan diskrit atau mudah dibedakan
  4. Benjolan bergerak di payudara
  5. Ada beberapa benjolan payudara
  6. Ada benjolan di payudara sebelahnya.
  7. Terkadang benjolan menghilang setelah siklus menstruasi tetapi juga sering yang tidak mengalami seperti ini

Jika benjolan di payudara memiliki ciri-ciri seperti itu kemungkinan besar adalah benjolan kista payudara. Kista payudara ini merupakan akibat dari kelainan pada sistem reproduksi wanita yaitu kelebihannya produksi hormon estrogen oleh indung telur, jaringan lemak, dan kelenjar adrenal. Sehingga menimbulkan benjolan yang berisi cairan pada payudara, awal dari munculnya benjolan tersebut tidak terlalu besar biasanya muncul antara ukuran 1-2 inc (2,5-5cm) tetapi akan tumbuh di mulai dari 2 cm kemudian 3 cm, 4 cm dan mungkin bisa mencapai ke ukuran yang lebih besar lagi.

Perlu diketahui kista payudara ini adalah salah satu dari efek brelebihnya hormon estrogen, selain itu juga kelebihan hormon estrogen ini juga dapat memicu resiko memunculkan sel kanker payudara. Dengan seperti itu artinya kista payudara juga tidak bisa dibiarkan dan harus segera diatasi agar meminimalisir munculnya atau terkena kanker payudara.

Bagaimana sekrang bisa mengenali benjoalan di payudara anda termasuk ke dalam kategori mana ?? Kedua-duanya tidak ada mendingnya, lebih baik tidak dengan ke dua-duanya. Meskipun kista payudara tidak sebegitu berbahaya dengan kanker payudara tetapi juga tetap harus segera diatasi karena bisa memicu kanker payudara. Apalagi jika benjolan benjolan di payudara tersebut adalah kanker payudara sudah pasti itu sangat berbahaya, segera lah ambil tindakan untuk segera mengatasinya atau mengobatinya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga artikel terkait ini mungkin bisa membantu anda :

Post : Benjolan di Payudara Mungkin Kista Payudara Bukan Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *